Perubahan lingkungan bisnis akan terjadi setiap saat, umumnya berupa gerak perubahan dari salah satu atau gabungan factor-faktor lingkungan di luar perusahaan, baik pada skalanasional, regional, maupun global.sebagian dari dampak perubahan factor lingkungan yang ditimbulkan terbukti telah mempengaruhi datangnya peluang bisnis, tetapi banyak pula kasus dari factor eksternal ini yang menjadi kendala dalam berusaha. Kasus teknologi sms yang hamper menghancurkan bisnis pos, namun juga memberi peluang bagi bisnis retail kartu telepon yang berkembang di banyak tempat.

Perusahaan akan berkembang dengan kondisi dan pengaruh ingkungannya masing-masing. Kegiatan operasional perusahaan di Indonesia tidak dapat melepaskan diri dari kondisi dan perkembangan perekonomian global.

Kenggulan wirausaha dalam mendukung perekonomian Negara yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi, meningatkan produktifitas, mencptakan teknologi, produk dan jasa baru, serta menciptakan perubahan dan kompetisi.

Ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh suatu bangsa dalam menumbuh kembangkan kewirausahaan dengan baik antara lain, pembinaan UKM dan bagi-bagi modal belas kasihan, pribumisasi usahawan yang gagal, usaha-usaha kecil yang umumnya gagal menjadi usaha besar.

Kebersamaan, etika dan tanggungjawab social kewirausahaan. Kebersamaan merupakan keselaransan hubungan yang baik antara pengusaha dengan pihak internal dan eksternal orgganisasi dengan prinsip saling menguntungkan.

Etika merupakan cara menyampaikan ungkapan-ungkapan yang menyangkut prilaku, perbuatan dan sikap menusia terhadap pristiwa-pristiwa yang dianggap penting dalam hidupnya.

Tanggung jawab social merupakan kewajiban perusahaan untuk merumuskan kebijakan, mengambil keputusan, dan melaksanakan tindakan yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dengan menerapkan tanggung jawab social maka perusahaan akan mendapat keuntungan jangka panjang.

Categories: