Perencanaan yang baik akan mendorong rasa percaya diri yang tinggi dan rasa optimis untuk sukses dari usaha yang dikelolanya. Usaha yang sudah direncanakan dengan baikpun kadang kala mengalami kegagalan. Hal ini bisa terjadi karna kurang jeli dalam melihat peluang dan menentukan jenis usaha yang dikelola.

Perencanaan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu dirumuskan secara SMART (specific, measurable, achievable, reality, trackable) perencanaan yang dibuat tidak bermakna ganda, terukur, dapat dicapai, realistis, dapat diketahui perkembangannya.

Suatu rencana kerja yang dibuat secara tertulis dan resmi (formal) merupakan perangkat tepat untuk mengendalikan usaha dan menjaga agarfokus usaha perusahaan tidak menyimpang .

Lokasi sangat menetukan keberhasilan suatu usaha. Tanpa pertimbangan dengan baik dalam menentukan lokasi, bisa berakibat buruk. Pemilihan lokasi memerluka kemampuan seni yang tinggi. Selain mempertimbangkan lokasi usaha, tak kalah pentingnya yaitu menentukan tataletak yang dapat menentukan sejumlah efisiensi baik dalam produksi maupun operasi.

Pengorganisasian diperlukan dalam sebuah usaha. Struktur organisasi diperlukan seiring dengan berkembangnya usaha. Struktur organisasi mendukung tercapainya keberhasilan , struktur organisasi memberikan kejelasan pada karyawan tentang apa yang diharapkan dari mereka, struktur organisasi membantu dalam proses pengambilan keputusan.

Wirausahawan baru harus memperhatikan masalah mutu dalam proses produksi, palayanan dan management. Dengan mutu yang baik, makaproduk dan jasa yang dihasilkan dapat berkompetisi di pasar dan dapat bersaing dengan produk sejenis.

Kepemimpinan dalam wirausaha menjadi factor penting agar dapat mempengaruhi kinerja orang lain, member arahan yang jelas, demi tercapainya suatu tujuan. Agar berhasil, seorang wirausahawan harus memikul berbagai peran, tugas, dan tanggungjawab, tetapi tidak ada yang lebih penting dari peran pemimpin.

Dalam sebuah wirausaha diperlukan adanya sebuah dokumen dan izin dari pemerintahdalam bentuk formal badan usaha. Perizinan ini sangat penting dalam hubungannya dengan keterkaitan kerja antar perusahaan, dokumen kontrak, dan dengan sumber permodalan. Pendirian suatu perusahaan akan sangat tergantung pada pemilihan jenis badan usahanya. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap badan usaha berbeda-beda.

Categories: